Steal Like an Artis by Austin Kleon

Tiba-tiba keinget masa lalu, saat ada presentasi makalah Sosiologi waktu SMA. Lupa bahasannya apa tapi ada satu kawan saya yang bertanya tentang "mencontek". Pertanyaannya simpel alias sederhana, "menurut kalian mencontek itu boleh nggak". Dan saat itu yang menjawab pertanyaan adalah gw. Reflek gw menjawab "mencontek itu nggak boleh". Jawaban gw ini bercermin sama pelajaran sosiologi dan juga sekaligus cari muka sama guru, hahaha.

Tapi, temen gw menyanggah dan sedikit tidak setuju dengan jawaban gw, menurut dia mencontek itu boleh asal yang dicontek yang baik-baik. Ngomong - ngomong masalah mencontek, gw baru aja disuguhin kata-kata tentang mencontek dari Austin Kleon di bukunya yang berjudul Steal Like an Artist. Buku ini sangat mengingatkan gw akan peristiwa presentasi bertahun-tahun lalu itu.

Dan gw pun setuju dengan sanggahan temen gw tentang mencontek, sebenernya sejak saat dia menyanggah jawaban gw, gw mikir "bener juga ya" (maklum otak gw waktu sma standar, bor!). Di dukung oleh bukunya bang Austin Kleon tentang mencontek. Gw agak kurang suka liat televisi atau iklan tivi (kebetulan gw kerja di dunia media yang fana itu) yang kadang-kadang menyadur atau menjiplak iklan atau acara tv yang udah ada. Tapi setelah baca buku ini jadi bisa mikir, mana ide atau style yang patut di curi, mana yang engga. Garbage in, garbage out. 

Mungkin kita bisa menyebutnya, referensi..


Comments

Popular Posts